Selamat Datang di INDpati.org, kami melayani Jasa Admin Website, Toko Online dan SEO Service... Info lebih lanjut hubungi kami di 085 740 285 798.

Oktober 30, 2017

NAVIGASI Website User Friendly

Yea.. Akhirnya jumpa lagi dengan blog kesayangan ini. Kalau di hitung-hitung, kurang lebih 6 bulan, admin tidak update blog ini, karena di sebabkan semakin padatnya kesibukan di RL (real live), sampai mencari sedikit celah untuk menulispun tak bisa. Tapi kesibukan apapun takkan membuat blog ini terhenti. Berdasarkan statistik, blog ini masih ramai pengunjung meskipun 6 bulan tidak update. Saya menyebut ini SEO Autopilot. Disebut autopilot karena meskipun tanpa update posisi di mesin pencarian dan statistik visitor tidak akan menurun. Tehnik ini sangat berguna untuk website produk review, yang lebih menonjolakn produk tanpa dorongan artikel.

Tapi pada momen kali ini admin tidak akan membahas tentang SEO Autopilot, melainkan sesuai judul diatas, tentang bagaimana membuat navigasi yang ramah pengunjung. Pentingnya navigasi website, blog & toko online yang User friendly adalah untuk memudahkan pengunjung dalam mencari informasi/ produk yang kita sediakan. Maksud kata "Mudah" disini adalah Persepsi sudut pandang orang awam, bukan mudah dari sudut pandang kita yang telah berpengalaman browsing.
  • Perhatikan NAVBAR blog ini, singkat padat dan jelas apa yang di tawarkan, hal ini merupakan strategi saya agar blog tampil sederhana dan mudah dimengerti. Tampilkan saja menu-menu pokok, dan sembunyikan menu-menu yang tidak perlu ditampilkan.
  • Gunakan tampilan frontpage yang sederhana tapi ngena di pembaca, dengan mensajikan sedikit cuplikan dan mengarahkn ke pokok pembahasan. Jika kita mengikuti trend barat dalam hal tampilan, ini agak bertentangan, karena trend barat kerap menggunakan tampilan fullwidth dengan sedikit penjelasan. tampilan seperti itu membuat bingung pengunjung Indonesia
  • Penggunaan tombol pada post untuk menggiring pengunjung pada halaman yang kita inginkan.
  • Hindari banyaknya menggunakan animasi-animasi Tap jQuery, bukanya melarang namun mengurangi penggunaan lebih baik, selain berat, tampilanya terkesan menyembunyikan tampilan yang lain.
  • Hindari penggunaan widget fanpage facebook/sosial media lainya pada posisi melayang,karena hal ini sangat mengganggu.
  • Hindari embed video/ youtube, mp3/radio autoplay. memaksa pengunjung untuk melihat apa yang kita tawarkan memang yang kita inginkan, tapi memaksa visitor melihat video/mendengarkan mp3 membuat visitor menjadi tidak nyaman, karena apa yang kita suka belum tentu orang lain suka.
  • Dan masih banyak yang lainnya ...
Demikian bahasan kali ini, semoga bermanfaat. nantikan bahasan pada point berikutnya hanya di blog kesayangan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp