Selamat Datang di INDpati.org, kami melayani Jasa Admin Website, Toko Online dan SEO Service... Info lebih lanjut hubungi kami di 085 740 285 798.

September 01, 2015

6 Sebab Turunnya Minat Batu Akik

Gimana kabar batu akik di tempat teman-teman, apakah masih ramai seperti sebelumnya atau sudah sepi kah? Batu akik sekarang ini memang mengalami penurunan peminat dari pada bulan - bulan sebelumnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan makin sepinya penggemar akik sekarang ini diantaranya adalah :

  • Melimpahnya batu akik di Indonesia - Seperti yang banyak orang telah ketahui, di beberapa wilayah di indonesia telah di temukan berbagai macam jenis batu akik. seperti giok aceh, kecubung kalimantan, bacan halmahera, kalimaya banten bahkan batu akik jala sutra pati dan masih banyak lagi yang lainya
  • Penambangan secara terus menerus - Karena banyaknya permintaan pasar, penambangan bahan batu akik pun dilakukan setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan pasar, padahal ini berdampak dengan mekanisme pasar batu akik yang telah banyak orang pahami, jika semakin mudah untuk di dapatkan harganyapun semakin turun.
  • Orang mudah bosan - Jauh-jauh hari sudah banyak yang memprediksi bahwasanya popularitas batu akik akan memasuki titik jenuh seprti halnya musim bunga hias yang pernah booming dimasyarakat. Namun sebenarnya yang mudah bosan adalah orang-orang yang memiliki hobi musiman. Sangat berbeda dengan pecinta batu akik yang sebenarnya. Para pecinta batu akik sesungguhnya adalah pribadi yang telah menggemari baru akik sejak lama sebelum booming seperti hari-hari kemarin mereka sudah mengkoleksi batu akik, menyukai atas dasar keindahan batu akik dan ada juga yang menyukai karena unsur mistis pada sebuah batu akik. Jadi yang sebenarnya bosan dengan batu akik adalah orang-orang yang memiliki hobi musiman, musim burung dia hobi, musim bunga dia hobi, musim batu dia hobi hingga barujung pada kejenuhan.
  • Banyaknya batu sintetis yang beredar - Batu akik sintetis memang terkesan lebih indah dilihat dibandingkan dengan batu akik natural dari alam. Akan tetapi beredarnya batu akik sintetis dan masakan ini menimbulkan dampak kurang percayanya konsumen terhadap para penjual.
  • Batu akik import - Sering kita jumpai semisal rubi madagaskar, pirus persia dan sebagainya. ikut andil dalam pasar batu indonesia dengan harga murah mengalahkan batuan asal negri.
  • Beredarnya batu akik berkualitas rendah - Salah satu biang dari kejenuhan batu akik adalah banyaknya beredar batu akik dengan kualitas rendah. Akik dengan kualitas rendah secara tidak langsung juga mempengaruhi harga batu akik dari jenis yang sama namun berbeda kualitasnya.
Demikian 6 poin penyebab turunnya minat masyarakat terhadap batu akik sekarang ini. Sangat disayangkan memang, jika keindahan batu akik menjadi cepat berlalu, jika di ingat-ingat popularitas batu akik sebelumnya telah mampu mendongkrak perekonomian masyarakat menengah kebawah, mengurangi jumlah pengangguran dan menjadi lapangan pekerjaan baru.

Untuk mengangkat kembali minat masyarakat terhadap batu akik perlu dilakukan yaitu :
  1. Menghentikan penambangan yang berlebihan dan berpotensi merusak alam.
  2. Tidak melepas atau menjual batu akik dengan harga murah
  3. Kerja sama antar pecinta batu akik, penjual batu akik dan pengrajin batu akik untuk kesetabilan harga batu akik.
  4. Mencegah atau meminimalisir batu akik luar negri masuk ke pasar Indonesia
  5. Kejujuran pedagang tentang sintetis dan natural
  6. Hanya menjual batu akik kualitas super
Kusus point ke 6 ini, memang perlu diperhatikan juga, Karena banyaknya batu akik berkualitas rendah yang beredar, berdampak anjloknya harga batu akik dari jenis yang sama namun dengan kualitas super. 

contohnya :
si A membeli batu akik bacan dengan harga 150ribu dengan kondisi kecil, belang dan berkapur. sedangkan si B membeli batu bacan dengan kualitas super dari si C dengan harga 5juta. sontak si D kaget karena mendengarnya, dan mengutarakan bahwa si A beli dengan harga 150ribu kok si B berani beli dengan harga 5 juta. dari sinilah kerancuan harga, yang bisa menjatuhkan batu akik dari jenis batu yang sama namun berbeda kualitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp