Selamat Datang di INDpati.org, kami melayani Jasa Admin Website, Toko Online dan SEO Service... Info lebih lanjut hubungi kami di 085 740 285 798.

April 04, 2018

HTTPS Untuk Custom Domain Blogger

Anda pengguna Blogger? Semua pengguna Blogger pasti mendapatkan notifikasi baru. Seperti saya, blog ini juga memakai mesin blogger yang super canggih itu. Awal mengetikkan blogger.com di adrresbar chrome, saya di kejutkan dengan simbol lonceng yang mengisyaratkan sebuah notifikasi. Jarang-jarang blogger memberikan notif untuk penggunanya, terkecuali bila update terkini. Tanpa menunggu lama, karena rasa penasaran yang cukup besar, coba saya klik simbol lonceng tersebut, ternyata..
Notif tersebut mengabarkan bahwa Semua pengunjung kini dapat melihat blog Anda melalui sambungan terenkripsi Kurang lebih seperti itu kutipan textnya. Blogger mengabarkan, bahwa kita pengguna Blogger yang menggunakan custom doamain dapat mengalihkan http ke https. Sambungan terenkripsi merupakan sambungan mode aman yang kebih kita kenal dengan HTTPS. Sebetulnya menu https di blogger bukanlah hal baru, sudah lama saya melihatnya, namun bedanya dengan menu sekarang penggunaanya cukup mudah, hanya cukup 2x klik beres. Berbeda dengan sebelumnya, banyak hal yang perlu di atur termasuk domainnya.

Perlu kita pahami, penggunaan https memiliki 3 manfaat, di antaranya adalah :
  1. Membantu memeriksa bahwa pengunjung Anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  2. Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  3. Menambahkan langkah pengamanan yang akan mempersulit orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung, melacak aktivitas mereka, atau mencuri informasinya.
Karena itulah mode ini dibilang mode aman.

Setelah saya coba, ternyata buanyak plus minusnya di pada HTTPS Untuk Custom Domain Blogger. Jika keunggulanya bisa dibaca pada alenia sebelumnya, sedangkan kekuranganya sebagai berikut.
  1. Loading lama
  2. Adsens mati karena perlu penyesuaian
  3. Penghasilan Adsens menurun
  4. Custom CSS Bermasalah, perlu penyesuaian.
  5. Pengguna PING Blog dan Backlink Generator akan menghadapi sedikit masalah, karena ada beberapa generator yang tidak merespon blog pengguna HTPPS.
Keputusan akhirnya, saya kembalikan ke mode http seperti sebelumnya, karena banyak penyesuaian jika blog ini di alihkan ke HTTPS, sedangkan waktu untuk setting sana-sini cukup memakan banyak waktu.  Bukan maksud saya pribadi tidak mengikuti perkembangan zaman, perkembangan teknologi tetap di ikuti, namun menggunakan apa yang diperlukan juga tidak dapat dilupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp